Pasar Ikan Lama

28/11/2013 17:51

Hotel di Medan tersebar lokasinya di kota Medan. Masih di sekitar kawasan Kota Lama Medan yang identik dengan bangunan lama, terdapat satu tempat yang melegenda dan ramai dikunjungi. Tidak hanya oleh warga Medan, tetapi juga dari luar kota, bahkan mancanegara. Tempat ini diberi nama Pasar Ikan Lama.

Pasar Ikan Lama disebut juga “Pajak Ikan Lama” oleh warga Medan karena pajak itu berarti pasar di sana. Tempat ini merupakan bagian dari sejarah Kota Medan. Awalnya, tempat ini memang pasar ikan yang komoditinya didatangkan dari Belawan dengan kapal tongkang melalui Sungai Deli. Namun, ketidakmampuan Sungai Deli untuk dilewati kapal-kapal tongkang, akhirnya pasar ini berubah menjadi pusat kain dan pakaian murah.

Meski produk yang dipasarkan berbeda sejak tahun 1890, pasar ini tetap ramai pengunjung. Produk tekstil, seperti busana muslim, kerudung, batik, kain panjang, kain pelekat, aneka karpet, perangkat salat, perangkat berhaji, hingga busana tradisional, mulai mendominasi pasar. Selain itu, berbagai cenderamata juga dijual di sini, bahkan air zam-zam pun tersedia. Pedagang di tempat ini terdiri dari beragam etnik, termasuk Minang dan Mandailing. Namun, pedagang Tionghoa umumnya menjual tekstil bahan pakaian, sedangkan keturunan Arab juga cukup menonjol.

Belanja kain di pasar ini telah menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan mancanegara dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Mereka kerap membeli perlengkapan ibadah, misalkan mukena, jilbab, kain dan alat-alat salat di pasar ini sebelum bulan suci Ramadan. Sebab, mereka akan mengurangi bepergian ketika Ramadan datang.

Dulunya, pasar ini menjual kain dan busana Muslim, tetapi belakang ada pula pedagang gorden dan aksesoris interior rumah. Bahkan, gorden buatan Pasar Ikan Lama sangat diminati wisatawan mancanegara. Meski dibuat dengan tangan dan diproduksi dalam cakupan lokal, kualitas bahan dan desainnya terjaga. Akhir-akhir ini produk Korea yang trendi dan dinamis masuk ke pasar ini, tetapi busana Muslim dan perangkat salat tetap menjadi pilihan utama orang-orang yang belanja di tempat ini. Harga produk-produk di tempat ini ada juga yang mahal, namun sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Jadi, Pasar Ikan Lama bisa jadi pilihan Anda berbelanja.

Keberadaan pasar ini begitu strategis. Berada di jantung Kota Medan, berjarak beberapa ratus meter di selatan Lapangan Merdeka dan mengarah ke pusat perniagaan utama masa kejayaan Kesultanan Deli, yaitu kawasan Kesawan, cocok dijadikan pedestrian atau kawasan khusus pejalan kaki. Akibatnya, tempat ini menjadi ikon wisata belanja kain, sekaligus tempat bersantai bagi pengunjung dan mengunjungi sejumlah objek wisata, serta menikmati kuliner Medan. Di sekitar kawasan juga terdapat hotel medan. 

Contact