Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang

21/11/2013 17:27

Jika di Orchard Singapura terdapat kawasan pusat belanja, hotel, restoran dan tempat hiburan, tidak jauh berbeda dengan Simpang Lima yang ada di Semarang. Kawasan yang menghubungakan lima, yaitu  Jl. Pahlawan, Jl, Ahmad Yani, Jl, Pandanaran, Jl. Ahmad Dahlan, dan Jl. Gadjah Mada,  merupakan landmark dari kota Semarang yang terus dijaga kebersihan dan keberadaannya.

 

Kawasan yang juga dikenal dengan nama Lapangan Pancasila ini padat dengan beragam  hotel di Semarang  dari hotel murah hingga berbintang, seperti  Hotel Ciputra, Hotel Graha Santika, Hotel Horison, dan hotel semarang lainnya. Terdapat pula pusat perbelanjaan seperti E Plaza, Mall Ciputra, Ramayana, Plaza Simpang Lima, dan lain-lain. Saat pagi hari lapangan ini dipenuhi oleh warga yang ingin berolah raga, sementara di malam hari dipenuhi oleh jajanan khas kuliner lengkap tersedia untuk para pengunjung yang datang ke lapangan Simpanglima.

 

Presiden pertama RI Ir.Soekarno dulunya mengusulkan agar SImpang Lima dijadikan alun-alun kota Semarang yang sebelumnya bertempat di daerah Kauman. Pada tahun 1969 dibangun lapangan yang kemudian diberi nama Lapangan Pancasial. Luasnya lapangan pancasila membuat lapangan ini kerap digunakan acara pemerintahan hingga kini. Sekitar jalan yang ada di kawasan Simpang Lima dulunya bernama jalan Oei Tiong Ham, saat ini berubah menjadi Jl.Pahlawan. Nama Lapangan Pancasila pun tidak terlalu familiar digunakan oleh warga sekitar, Lapangan Simpanglima lebih populer dan kerap digunakan oleh warga Semarang.

 

Pada saat menjelang pergantian tahun, Simpang Lima ini juga menjadi tempat yang paling ramai di Semarang karena biasanya ditempat ini berlangsung pesta kembang api. Jika Anda ke Semarang, rasanya tidak lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Simpang Lima. Di sepanjang Jl. Pahlawan juga terdapat warung-warung tenda yang berderet rapi dimana Anda dapat memuaskan selera kuliner Anda. Selain itu tersedia juga penginapan hotel semarang.

 

Di Jalan Pahlawan ini biasanya juga digunakan sebagai tempat berkumpulnya anak muda di Semarang mulai dari anak band, bikers, komunitas mobil antik, dan masih banyak lagi. Pada saat bulan Ramadhan, kawasan Simpang Lima juga banyak digunakan untuk berjualan berbagai makanan untuk berbuka puasa. 

Contact